CARA MENGAJUKAN NISN DAPODIK SD/MI



CARA MENGAJUKAN NISN DAPODIK SD/MI
BY MOH IZZUDDIN,S.Ag
ADMIN KKMI

NISN atau Nomor Induk Sekolah Nasional merupakan Nomor khusus yang diberikan kepada siswa di seluruh Indonesia, artinya setiap siswa memiliki nomer unik khusus yang berbeda-beda tiap siswa. Layanan NISN yang dulu begitu mudah diakses oleh operator sekolah di situs DAPODIK, mulai awal Januari 2012 lalu sudah ditutup. Banyak kesulitan yang ditemui para operator sekolah dengan berbagai alasan termasuk saya yang juga melakukan tugas tersebut.

Saat ini banyak sekolah yang tidak memiliki database NISN siswanya karena tidak sempat mendownload data NISN pada situs Dapodik yang lama. Beruntung saya yang selalu ontime dan update situs dapodik di tahun 2011 lalu sempat mendownload database NISN siswa sekolah dasar (MI) saya sendiri. 


Proses perpindahan siswa dan penerimaan siswa pun jadi agak ribet, Disatu sisi, siswa kelas 1 yang akan keluar pindah tidak bisa/belum sempat kita buatkan NISN nya, sedangkan siswa yang mutasi masuk tidak ada NISN dari sekolah asal.


Mencari NISN siswa sebenarnya bisa dilakukan di situs  http://nisn.data.kemdiknas.go.id/Siswa/Data ,  Namun banyak terkendala, antara lain data siswa tidak ada. 

Mengapa data siswa NISN yang ingin dicari yang telah dimasukkan tidak ada di situs tersebut?

Hal pertama adalah salah penulisan nama, tanggal lahir dan ataupun tempat lahir, Salah penulisan nama saja sudah pasti tidak akan muncul di hasil pencarian. Ini terjadi karena data-data yang kita masukkan (nama siswa, tanggal lahir dan tempat lahir) di kotak pencarian tidak COCOK dengan database NISN Kemdiknas. Dan saat memasukkan data di form harus tepat. Ini terjadi karena, data siswa di sekolah tidak sama dengan data di situs Kemdiknas, akibat kesalahan operator baik operator Disdik (pada saat pertama situs DAPODIK NISN di buka) maupun operator sekolah itu sendiri pada saat mengajukan usulan data NISN sebelum situs DAPODIK ditutup. 

Sebenarnya lebih tepatnya adalah bukan kesalahan, bisa saja karena penyingkatan nama, misalnya Muhammad disingkat M. Tempat lahir berbeda pada saat pengusulan dan lain-lain.

Ini sudah saya buktikan sendiri, saat saya mencari dan memasukkan data siswa sebenarnya disekolah, tidak ada di situs NISN tersebut, PADAHAL... saya memiliki database siswa tersebut (yang sudah saya download sebelum dapodik tutup) namun karena saat pengajuan NISN di tahun 2008 oleh dinas pendidikan setempat agak keliru, akhirnya saat pencarian di situs NISN Kemdiknas, NISN dan siswa yang dicari tidak ada alias Nol Besar.
 


Dengan berbagai masalah di atas, banyak siswa SLTP sekarang yang sedang duduk di kelas 3 SLTP yang akan segera mengikuti UAS kesulitan mencari NISN nya. Mereka yang lulus SD/MI tahun 2008, 2009 atau 2010 ingin mencari NISN sendiri di internet tapi tidak ada, sekolah SLTP  nya pun seolah lepas tangan dan menyerahkan ke SD/MI lama, sedangkan SD/MI lama tidak punya data NISN siswa alumninya, bagaimana?



Salah satu solusi untuk Anda operator sekolah yang data NISN atau siswanya tidak ada adalah membuat Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang baru. Yaa daripada gak ada mending ada, biar aja datanya ganda... hehehe


Nah berikut cara mengajukan NISN untuk siswa baru maupun siswa yang belum / tidak ada memiliki NISN.

1. Siapkan email sekolah atau email pribadi Anda. Jika belum punya email silakan buka artikel cara membuat email yahoo

2. Download formulir pengajuan NISN klik
 DISINI untuk mendownloadnya.

3. Simpan file formulir yang berformat microsoft word tadi di folder komputer yang mudah dicari.

4. Isi dengan lengkap, NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional dengan benar, Nama sekolah, Nama lengkap siswa (jangan disingkat-singkat yaa), tempat lahir, tanggal lahir siswa, jenis kelamin pilih L untuk laki-laki atau P untuk Perempuan , Agama, alamat, kelas/tingkat, dan nama ibu kandung

5. Untuk siswa baru kelas satu tahun ajaran 2012 - 2013, sebaiknya masukkan seluruhnya agar tidak bolak-balik mengusulkannya, sedangkan untuk siswa kelas 2, 3, 4, 5 dan 6 lama yang tidak punya NISN silahkan masukkan beberapa siswanya saja.

6. Terakhir adalah mengirimkan data tersebut ke alamat email
 nisn_pdsp@yahoo.com

7. Tunggu balasan emailnya. Dan NISN siswa akan tersedia.


Selamat mencoba, semoga Anda para operator sekolah terutama di Sekolah Dasar tidak menemui kendala lagi dalam mengusulkan atau mengajukan NISN untuk siswa baru. Semoga Terbantu dengan artikel ini.
http://julak-net.blogspot.com/2012/09/cara-mengajukan-usulan-nisn-untuk-siswa.html
Gabung Facebook Admin Kecamatan Mlonggo

Post Terkait :



2 komentar:

  1. SUPARNO,S.Pd.I mengatakan...:

    Oke pak makasih infonya

  1. Usman mengatakan...:

    Terima kasih infonya

Poskan Komentar